PC vs Laptop – Siapa yang lebih baik? 2


Halo sobat! Kali ini kita akan membahas mengenai PC vs Laptop – Siapa yang lebih baik? 2 Sesuai pembahasaanya, kita akan berdebat mengenai kedua benda teknologi tersebut, dan disini saya akan bertindak sebagai penengah, karena saya sendiri mempunyai laptop dan PC ( nama lainnya adalah Desktop ) dan yang pasti sudah mengerti nilai plus dan minus daripada kedua perangkat keras tersebut. Jadi apa sajakah kelebihan dan kekurangan masing-masing perangkat? Yuk langsung simak PC vs Laptop – Siapa yang lebih baik? 2.

Jika sobat belum membaca bagian pertama Klik Disini.


Keamanan ( Security )
Lalu saya akan membahas mengenai masalah keamanan. Bukan mengenai keamana Operating Systemnya tapi keamanan secara fisik. Ditilik dari ukurannya yang ringa dan mudah dibawa, tentu laptop sangat besar kemungkinannya untuk hilang, saat dibawa-bawa ke Cafe, lalu sobat tinggal sebentar untuk pergi ke kamar kecil, saat kembali tiba-tiba laptop kesayangan sobat sudah hilang, itu adalah hal yang wajar, karena laptop barang yang ringan dan mudah untuk diambil. Selain itu laptop juga mudah tersenggol sehingga saat jatuh, bukan hanya alasnya saja yang hancur, tapi layarnya pun juga akan rusak dan retak.

Dilain pihak memang karena PC sangat berat dan jarang dibawa kemana-mana sehingga jarang menjadi incaran pencuri, tetapi perlu sobat ketahui. Jika terjadi bencana secara tiba-tiba, seperti misalkan terjadi bencana banjir atau gempa bumi maka lebih mudah untuk mengamankan laptop dari pada mengangkut PC.

Harga ( Price )
Selanjutnya adalah masalah harga, seperti yang telah disebutkan bahwa terlihat laptop lebih muah ketimbang rakit PC, tapi yang perlu sobat ketahui untuk jangka pendek memang laptop jatuh lebih murah dari pada PC, misalkan saja harga laptop i5 2Gb Ram Vga Nvidia seri 600 harganya lengkapnya sudah kurang lebih 5 juta. Tetapi jika sobat beli komputer, memang harga onderdilnya murah ( karena beli per-piece ) misalkan untuk processor ram dan vga yang sama hanya menghabiskan 4 juta-an, tapi sobat masih harus membeli casing, monitor, speaker, mouse dan lain-lain yang totalnya bisa habis 6 jutaan lebih ditambah repot untuk hunting onderdil PC.
Tapi jika kita lihat jangka panjangnya, kembali karena perkembangan zaman maka jika sobat ingin upgrade komputer maka jika sobat mempunyai laptop sobat harus beli laptop baru lagi, dengan harga yang baru pula, namun jika sobat membeli PC, sobat tinggal copot mana bagian yang ingin diganti dan membayar harga onderdilnya saja. Maka jelas jika dalam jangka panjang, harga PC lebih murah dari pada harga Laptop.

Gaya ( Style )
Lalu yang terakhir adalah mengenai gaya. Lebih keren manakah sobat yang duduk di kafe dengan membawa laptop dengan sobat yang duduk di rumah sambil mengetik di PC? Tentu laptop adalah pilihan untuk orang bussinesman yang sangat memerlukan mobility. Karena simpel tampilan laptop-pun rata-rata lebih trendy dan elegan. Contohnya adalah laptop keluaran Mac, seperti Mac Book Pro, Mac Air, dan Mac-mac lainnya.

Oleh karena itu hikayatnya banyak yang mengasumsikan bahwa Laptop,  anak muda dan bussiniman dan untuk orang-orang kantoran yang banyak berpergian. Dan PC lebih banyak untuk orang yang statis dan bekerja tidak berpindah-pindah, seperti orang kantoran, designer, film maker dan lain-lain. Jadi dalam masalah style. Saya fikir laptop lah yang cocok untuk bergaya. 

----------------------------------------------------------------------------

Mungkin itulah sobat kesimpulan dari siapa yang terbaik dari Laptop vs PC, mungkin dalam beberapa hal PC lebih baik ketimbang Laptop, namun disisi lain Laptop juga mempunyai kelebihan dari PC. Jika sobat setuju atau ingin menambahkan argumen kepada siapa yang lebih baik? Sobat bisa sampaikan di kolom komentar. Terima Kasih telah membaca artikel PC vs Laptop – Siapa yang lebih baik? 2.

Jika sobat belum membaca bagian pertama Klik Disini.

Komentar sobat adalah Motivasi saya untuk Menulis

Related Post:

1 komentar: