Bentuk-Bentuk Model Atom

Halo sobat!  kali ini kita akan membahas mengenai Bentuk Bentuk Model Atom menurut perkembangannya. Sebelumnya, artikel ini dibuat karena banyak sekali rekan sekolah saya yang mencari-cari bagaimana dan seperti apa sih perkembangan Bentuk atau Model atom dari masa ke masa, So ini dia! Silahkan sobat simak Bentuk Bentuk Model Atom :

Bentuk Bola Polos /Sphere 
( Oleh John Dalton )
Ini adalah bentuk atom pertama kali yang dikemukakan oleh John Dalton, yang merupakan ilmuwan yang mengemukakan teori mengenai Atom pada tahun 1803 yang berbunyi bawa Atom adalah partikel terkecil yang tak dapat dibelah, dibagi, dimusnahkan atau bahkan diciptakan atau yang lebih dikenal dengan hukum kekekalan atom. Tetapi sebelum Dalton ada Ilmuwan yang bernama Demokritus yang terlebh dahulu menemukan konsep atom.

Bentuk Bola Kismis
 ( John Thompson )
Ini adalah bentuk atom yang dikemukakan oleh John Thompson, beliau adalah penemu elektron dengan bantuan tabung katoda. Oleh karena ditemukannya Elektron, beliau melengkapi model sphere dari John Dalton hingga terbentuk seperti bola kismis. Perlu diingat bahwa Thompson mengemukakan bahwa Bulatan besat tersebut bermuatan positif sedangkan bola-bola kecil didalamnya bermuatan negatif ( elektron ) yang tersebar merata hingga atom bersifat netral secara keseluruhannya.
Bentuk Orbit
( Ernest Rutherford )
Ini adalah bentuk atom yang dikemukakan oleh Ernest Rutherford. Seperti yang kita ketahui bahwa Rutherford adalah penemu Proton dan Inti Atom dengan cara menembakan sinar Alfa kedalam tabung katoda yang dilubangi salah satunya dan diberi logam ZnS. Dia mengemukakan bahwa Elektron berputar mengelilingi inti atom dalam sebuah lintasan Orbit.
Walaupun mendekati sempurna tetapi bentuk model atom seperti ini banyak ditemukan kelemahan yaitu, bahwa teori ini bertentangan dengan hukum fisika klasik bahwa partikel termasuk elektron yang melintas pada lintasannya akan beradiasi untuk melepas energi, sehingga elektron akan mengorbit secara spiral dan pada akhirnya jatuh ke inti atom.

Bentuk Tata Surya 
( Niels Bohr )
Selanjutnya adalah bentuk atom yang dikemukakan oleh Niels Bohr, beliau merupakan peneliti yang menemukan mengenai spektrum garis atom hidrogen.

Beberapa gagasannya mengenai atom adalah, bahwa elektron melintas mengelilingi inti atom pada suatu jalur, jalur ini dinamkan sebagai kulit atom. Lalu elektron dapat berpindah dari energi tinggi ataupun ke energi rendah untuk melepas atau menerima energi. Dan model atomnya ini merupakan penyempurnaan dari model Rutherford
-------------------------------------------------------------------------
Itu dia sobat sedikit pengetahuan mengenai Bentuk Bentuk Model Atom, semoga dapat bermanfaat dan membantu tugas sobat, jika ada kesalahan atau kekurangan dalam penjelaan saya tolong beri masukannya di kolom komentar. Terima Kasih!


Sekian artikel mengenai Pengetahuan dari saya.
Baca juga pengetahuan menarik  lainnya di Knowledge
Baca terus artikel yang menarik lainnya hanya di Far Is Note!

Komentar sobat merupakan motivasi bagi saya untuk menulis!

Related Post:

0 komentar: