Kpop Vs Ipop - Siapa Grup Band Yang Lebih Baik? ( Part I )

Halo sobat! Selamat datang di artikel spesial akhir bulan! Yep, artikel mengenai Ipop Vs Kpop – Siapa Boyband yang Terbaik? Mungkin banyak sekali sobat yang sudah menunggu ditulisnya artikel ini. Dan akhirnya setelah mengumpulkan, membaca dan serta mewawancarai berbagai narasumber, saya bisa menghadirkan artikel ini untuk sobat-sobat pecinta Boyband K-pop maupun I-pop. So, gak usah basa-basi lagi, cek this Ipop Vs Kpop – Siapa Boyband yang Terbaik? article!

Apa itu Boyband & Girlband?
Boyband (BB) dan Girlband (GB) adalah kelompok musisi Pop atau RnB yang beranggotakan 3 orang atau lebih dan terdiri dari Vokalis Utama, Dancer, Multitalent & Pemanis  (biasanya tidak memainkan alat musik) Boyband atau Girlband ini terbentuk oleh seorang manajer atau produser rekaman setelah diadakan audisi dan training khusus. Oh ya, dan umumnya mereka mempunyai wajah dan penampilan yang bisa dibilang diatas standar.

Lalu, Siapakah yang lebih dahulu muncul? Boyband K-pop atau I-Pop? Coba simak, Musik pop Korea berawal tahun 1992 dimana Seo Taiji & Boys ( Boyband Kpop pertama ) mulai membuat lagu techno dan rap rock dengan bahasa Korea, yang menjadi awal dari berdirinya aliran baru musik Korea. Lalu Tahun 1995, Lee Soo Man mendirikan SM Entertainment, yang membuat K-pop mulai mendunia, yang kemudian diikuti YG Entertainment, DSP Entertainment dan JYP Entertainment. Dan akhirnya pada tahun 2000-an, musik K-pop lebih populer dikarenakan efek gloalisasi yang membawakan demam K-pop ( Korean Wave ) menyebar keseluruh dunia.

Sedangkan untuk Boyband Indonesia, banyak sekali yang berkata bahwa kalau SM*SH lah yang pertama memasukan trend K-Pop ke Indonesia, itu tidak salah. Memang benar Boyband-boyband di Indonesia semakin banyak bermunculan setelah kehadiran 7 pria tersebut di Indonesia. Tetapi faktanya adalah mereka bukan yang pertama, melainkan Boyband Trio Libels-lah yang pertama meduduki ranah boyband Indonesia pada dekade 1980-an. Tetapi yang menjadikan Boyband famous di Indonesia adalah SM*SH. Jadi sebenarnya Indonesia-lah yang pertama kali mempunyai Boyband, hanya saja karena kurangnya eksistensi dan belum berkembangnya musik Pop pada zaman tersebut, membuat Boyband-boyband zaman dahulu tidak sukses.

Bagaimana Pembentukan Boy/GirlBand K-Pop?
Untuk menjadi seorang anggota dari Kpop, fisik dan penampilan memang dibutuhkan, tetapi tidak menjadi nomor satu. Mereka mementingkan skill dan kemauan, karena penampilan dapat dengan mudah diubah sedangkan untuk skill rapot dan prestasi menjadi acuan penilaian. Terkadang walau misalkan ada seseorang yang ingin bergabung hanya dengan mengandalkan tampang saja, maka kubur dalam-dalam keinginan itu.

Lalu mereka-pun sebelumnya harus mengikuti audisi terlebih dahulu yang diikuti oleh beribu-ribu perserta dan katanya disaring melewati tiga tahap, setelah itu dipilihlah beberapa orang yang layak dan selanjutnya akan di Trainee dahulu selama bertahun-tahun ( ada yang berkata minimal 2 tahun loh.. ) Dan itu juga tidak dijamin akan langsung debut dan sukses, karena perbandingan antara yang lolos debut dengan yang gagal itu 1:10. So, kebayangkan gimana ketatnya persaingan disana?

Bagaimana Pembentukan Boy/GirlBand I-Pop?
Pembentukan Boyband atau Girlband di Indonesia terlihat tidak seserius di Korea. Memang beberapa dari mereka juga pernah melalu tahap training dan dipilih dari para pemenang audisi, tetapi tidak lama asalkan penampilan memadai dan gerakan lincah mereka bisa segera debut. Selain itu ada juga yang cerita bahwa ada suatu GB yang terbentuk karena teman dekat yang suka ngumpul bareng. Semudah itu.

Pro Kontra Boy/Girlband K-Pop & I-Pop
Kedatangan K-pop dan Kemunculan I-Pop di Indonesia selain disambut hangat juga banyak disambut kecaman dari beberapa orang, dan kali ini setelah saya lakukan berbagai survey kepada teman sekolah, teman rumah, lewat beberapa media online dan jejaring sosial, beragam sekali tanggapan mereka mengenai Ipop & Kpop ini, dan saya akan membeberkan seluruh tanggapan mereka secara apa adanya. 

Nb:  
Bagi sobat yang sensitif dan mudah tersinggung saya tidak sarankan untuk lanjut membaca. Nama Narasumber disini saya samarkan untuk menjaga privasi 

Kpop Pro’s
- Perfomancenya selalu keren abis! ( G.P )
- Gak Cuma modal tampang, tapi skill juga perlu buat jadi Boyband Korea ( A.R )
- Mukanya cakep-cakep, itu yang bikin banyak orang suka ( Dn )
- Mereka udah sampe terkenal ke mancanegara, itu tuh bukti kalo mereka bagus! ( K.N )
- Konsep MV-nya keren-keren, mereka juga punya modal. ( F.R )
- Jarang Lip-synch dan pinter-pinter. ( Bi )
- Sexy... Sexy Coy... ( Bgs )
- Konsepnya jelas dan emang susah buat jadi top disana ( Any )
- Mereka tuh kalo Cool, cool banget, kalo imut, imut banget, kalo sexy-sey banget, intinya mereka _punya ciri khas-nya masing-masing ( Wda )

Ipop Pro’s
- Rata-rata gak kalah cakep sama Boyband Korea ( S.V )
- Cinta produk dalem negri sob! ( M.D )
- Yah walaupun ada beberapa yang plagiat, tapi kan juga ada beberapa yang bener-bener keren kayak _XO-IX contohnya ( N.H )
- Kalo dibandingin sama Kpop, yah mungkin masih kalah, tapi mereka ( Ipop ) juga lumayan bagus _kok. ( W.F )
- CJR IS THE BEST THAN THOSE KOREAN! ( I.Ns )
- Lebih enak denget lagu pake bahasa sendiri ( I.S )
- Produk lokal, mungkin ada kesempatan ( Fhf )
- Lagunya banyak yang enak dan easy listening juga kok..  ( R.S )

Dan kita masuk kebagian Kontra. Bagian ini dia yang sangat sensitif sekali, so saya ingatkan kembali  Bagi sobat yang sensitif dan mudah tersinggung saya tidak sarankan untuk lanjut membaca.

Kpop Cont’s
- Jual paha aja jadi terkenal ( I.S )
- Lagunya mayan, tapi liriknya gak jelas ( R.Y )
- Oplas sana-sini, itu orang atau boneka? ( R.Y )
- Banyak yang bunuh diri gara-gara mau jadi tenar, patutkah dicontoh?? ( Y.A )
- Katanya kalo mau tenar harus “Tidur” sama produsernya,  ( O.R )
- Punya agama gak tuh? ( L.R )

Ipop Cont’s
- Plagiat, modal cekak, lip-synch mulu, gak malu apa? ( O.S )
- Main langsung aja gak debut, sistem entertainment juga ancur ( F.R )
- Gak usah sok korea , Cuma ngandelin fisik dan suara pas-pasan aja ( F.R )
- Terlalu monoton, MV kurang konsep & kreatif ( A.S )


Itulah sobat bagian pertama dari Artikel Ipop vs Kpop ini, di Artikel selanjutnya kita akan membahas beberapa topik dibawah ini :
Survei : siapakah Yang Terfavorit Ipop atau Kpop ?
Survei : siapakah Boy/Girlband  Ipop yang terfavorit ?
Survei : siapakah Boy/Girlband Kpop yang terfavorit ?
Masa Depan dari K-pop & I-Pop?
Pesan-Pesan Untuk K-Pop dari I-Popers
Pesan-Pesan untuk I-Pop dari K-Popers

Apakah sobat penggemar Boyband Korea atau Indonesia? Kalo iya, kenapa sobat suka? Mungkin masukan sobat akan saya tambahkan di artikel berikutnya. So tetap ikuti terus Far Is Note, dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya!

Sekian postingan mengenai Versus dari saya.
Baca juga Tips lainnya di Versus Mode!
Baca terus artikel yang menarik lainnya hanya di Far Is Note!
Komentar Sobat merupakan Motivasi!
Berkomentarlah dengan sepantasnya...

Related Post:

3 komentar:

  1. Akhirnya keluar juga -,-
    Kayanya kalo masalah favorit untuk saat ini k-pop, soalnya kpop udah mendunia. soalnya kalo ipop pecintanyakan cuma orang indo. tapi gak menutup kemungkinan kalo Ipop bisa maju, pada dasarnya musikalitas orang indo itu jauh lebih bagus dari pada orang korea...
    Cuma mau nambahin boleh gak? menurut gue secinta-cintanya kita sama produk luar jangan sampe benci sama produk dalam negri, kalo gak suka ya sama produknya jangan sama tempat asal produknya ._. (kalo gak ngerti abaikan....)
    maap ya ngoceh panjang lebar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu ada betulnya, memang boy/girl band kita memang masih terbilang "baru" mungkin saja benar jika indonesia serius mengembangkan Boy/girl bandnya, mungkin perkembangannya akan terlihat dan bisa menyaingi korea kedepannya...

      Thanks atas masukannya, nanti sya masukan dalm artikel selnjutnya!

      Hapus
  2. ada gua-_- ..wkakakak lanjutin kpopnya lagi bos..good article!!

    BalasHapus