Jurnal Hidup - Ngobrol Sama Bule Rusia!


Halo sobat! Sesuai cerita gua pada Jurnal sebelumnya, gua akan menceritakan pengalaman pertama gua saat wawancara bule, bagi sobat yang belum tahu mengapa gua bisa wawancara si bule ini, sobat bisa lihat di Jurnal gua sebelumnya. Klik Disini

Jadi latar belakangnya gini. Saat itu gua sedang bantuin Bokap gua shooting mengenai iklan mobil, dan Director shooting disana adalah bule dari Russia. Berhubungan ada bule, muncul sifat greget gua. Gua gregetan pengen kenalan sama tuh bule, lumayanlah sekalian ngasah bahasa Inggris gua. Dalam hati gua mikir, “Ah tuh bule kan dari Russia, Bahasa Inggrisnya mungkin gak begitu fasih”. Nah dengan  pemikiran kayak gitu dan dengan rasa Pe-De yang tinggi, gua samperin dah tuh bule pas lagi istirahat makan siang.

Awalnya sih lancar-lancar aja. Greetings gua disambut hangat, gua disuruh duduk samping dia dan gua dipersilahkan bicara. Awalnya gua Cuma nanya Personal Information-nya dia, dan dia jawab dengan jelas, lalu gua tanya sedikit alasan dia ke Indonesia, lalu keluarga dan sebagainya. Masalahnya adalah pas gua nanya mengenai Indonesia dengan Russia, dugaan gua salah besar mengenai kemampuan Bahasa Inggris-nya, serta merta doi langsung nyerocos dan ngomong super ngebut, otak gua sampe muter buat nge-cerna tuh kata-kata. Awalnya gua cukup bisa ngimbangin dia ngomong dengan komentar-komentar, pas doi mulai ngomong ngebut, gua Cuma bisa ngangguk ngangguk sok paham.

Ini dia cuplikan obrolan gua sama tuh BuleDariRussia (BDR)
 
Gua dengan tegap nyamperin dia pas lagi ngerokok di meja cafe.
Gua  : “Good Afternoon Mrs! My name is Faris Kartawijya, how about the shooting progress?”
BDR : (Basa basi dikit mengenai progress)
Gua  : (memulai deep conversation) “I want to ask you about something, Well Mrs...?”
BDR : “Comico
Gua  : “And, your last name?”
BDR : “Err,, (Mikir) You know... Actually its hard to pronounce my last name because it Russian,      but you can call me Comico!”
Gua  : “Ok then Mrs Comico, so I’d have a personal blog, and I think this is a good things to post in my blog, because of that I want to ask you just a few question!”
BDR : “Allright then, go on!”
Gua  : “How long do you stay in Jakarta?”
BDR : “Only 3 Days”
...
By The Way, untuk jawaban selanjutnya gua pake Bahasa Indonesia aja ya, karena jujur ada beberapa omongan dia yang gua gagal tangkap, karena doi cepet banget ngomongnya bro!
....
Gua   : bagaimana cuaca di Indonesia dengan Russia? Apakah berbeda?
BDR : Saya fikir beda sekali ya cuaca disini dengan disana, walaupun agak panas, saya sangat menikmati cuaca disini, berbeda dengan Cuaca dinegara saya yang sangat buruk ( Dia nyebutnya kayak gini : “My country have shitty weather” ) Jika kamu coba berkunjung ke sana yang kamu dapatkan adalah es.

Gua   : Bagaimana tentang perbedaan kebudayaan di Indonesia dengan Russia?
BDR : Jika kamu bertanya seperti itu, rasanya pasti sangat berbeda sekali, rasanya tuh seperti benar-benar masuk ke lingkungan asing yang belum kamu ketahui di Russia sana saya tidak pernah merasakan keramah tamahan seperti ini, tapi tentu saja terkadang saya kurang menyukai disini mengapa? Karena banyak sekali pandangan yang sepertinya mengkelas satukan saya. Asal kamu tahu bahwa saya banyak sekali diincar oleh pencuri atau bahkan banyak sekali orang minta-minta yang sepertinya mengharapkan uang dari saya.

Saya sedih sekali jika diperlakukan seperti itu, nampaknya mereka beranggapan orang asing itu adalah lumbung uang dan masyarakat sekitar yang saya temui sepertinya hanya ingin mengharapkan uang dari saya oleh sebab itu saya ingin sekali diperlakukan dengan normal oleh penduduk-penduduk disini.

Gua  : Pertanyaan terakhir, apakah anda senang jika tinggal di Indonesia?
BDR : Jujur saya sangat merasa nyaman berada di Indonesia, sebenarnya saya sudah lumayan lama berada di Jakarta dan sempat tinggal juga disana, Indonesia memiliki pantai yang indah dan tempat-tempat menarik, hal yang jarang saya temukan di Russia, orang-orangnya pun rata-rata ramah dan sopan. Mungkin iya, saya akan menetap lebih lama.

Gua  : “Okay, maybe thats all for the Interview, I’d really really apreciate it, thank you very much for your time Mrs Comico”
BDR : “No problem”
Gua  : “See you later”

Dan gua pun pergi meninggalkan tuh bule. So itu ah percakapan gua sama si Bule, gua bisa simpulkan bahwa sebenernya bule tersebut masih agak shock dengan adat istiadat kita yang mengedepankna keramah tamahan, karena di Russia kehidupan disana tuh keras. Tetapi dia juga merasa kurang nyaman dengan perlakuan kita yang selalu mengira bahwa bule itu kayak dan melakukan dia hanya sebagai Turis.

Oleh karena itu, janganlah kita mengelas satukan orang asing, perlakukanlah sesama manusia dengan sama karena kita semua ini pada dasarnya sama, hanya berbeda ras dan lingkungan hidup saja.

See ya at the next journal!

Related Post:

0 komentar: