Apa Itu Lucid Dream? (Penjelasan Lengkap)

Halo sobat! Kali ini kita akan membahas mengenai mimpi, tapi bukan sembarang mimpi, melainkan Lucid Dream atau sering disebut juga kontrol mimpi. Saya pribadi pernah sekali merasakan Lucid Dream, walaupun secara tidak sengaja dan dalam tingkat sederhana.

Tapi apakah sobat tahu apa sih sebenarnya Lucid Dream itu? Bagaimana cara mendapatkannya? Dan apakah berbahaya bagi tubuh kita? Oleh karena itu mari kita simak artikel mengenai Lucid Dream ini.

Pengertian
Jika diartikan, Lucid Dream adalah Sebuah Mimpi yang nyata ( Lucid berarti cerah atau nyata sementara Dream berarti mimpi ). Lucid Dream adalah sebuah fenomena ketika sobat sedang berada dalam alam bawah sadar sobat ( bermimpi ) tetapi fikiran dan otak sobat tetap bekerja. Itu berarti sobat sadar sepenuhnya bahwa sobat sedang bermimpi. Apa keuntungannya? Tentu jelas dengan mempunyai kontrol penuh akan mimpi sobat, itu berarti sobat dengan bebas menciptakan sesuatu yang sobat inginkan walaupun diluar logika, Lucid Dream jika digunakan dengan benar bisa menjadi motivasi dan pengalaman menyenngkan tersendiri bagi sobat.

Perbedaan Lucid Dream dengan Mimpi Biasa
Inti dari perbedaan kedua jenis mimpi tersebut adalah,dalam Peran Otak. Dalam mimpi biasa otak sepenuhnya akan beristirahat sehingga sensor logika otak sobat tidak ikut berperan dalam mimpi sobat oleh karena itulah maka terkadang mimpi itu terasa aneh. Contohnya : Saya sedang di Mall, saya Naik Eskalator, tiba-tiba lantainya hilang, lalu saya pindah ke jalan, di jalan saya dikejar maling, maling tersebut ibu saya... Dan seterus-nya. Kenapa aneh? Karena itu tadi, logika kita tidak ikut berperan sehingga mimpi itu bekerja secara acak dan mengambil hal-hal yang random.

Sementara dalam Lucid Dream, Saraf yang mengatur indra dan logika tetap aktif dan bekerja. Berarti apakah otak kita tidak istirahat? Bukan begitu, otak kita tetap dalam keadaan istirahat, tetapi hanya sebagian kecil komponenya saja yang tetap bekerja. Jika kita lihat dari contoh diatas maka jalan ceritanya akan sedikit berbeda. Saya sedang berada di Mall dan naik eskalator, tiba-tiba lantainya hilang, nah jika sobat sedang dalam Lucid Dream, sobat akan sadar bawa ada suatu kejanggalan. Lalu otak sobat mulai memberi sinyal kesobat bahwa ada sesuatu yang salah, dari situlah sobat berhasil mempunyai kontrol diri sendiri dan selanjutnya sobat yang mnentukan alur cerita mimpi, jika begitu sobat tidak lagi terbawa mimpi, tetapi sobatlah yang menciptakan mimpi.

Tingkatan Lucid Dream
Lucid Dream dapat diagi menjadi tiga tingkat :

Tingkat Dasar
Tingkat dimana soba mengalami Lucid Dream untuk hal yang remeh dan kecil seperti Berjalan menembus tembok, melukis di langit, terbang, mempunyai kekuatan super dan lain-lain. Biasanya Lucid Dream tingkat dasar ini terjadi secara Tidak sadar atau hanya secara kebetulan.


Tingkat Menengah
Di dalam Lucid Dream tingkat menengah ini tidak hanya logika sobat saja berfungsi, perasaan dan insting sobat juga ikut bekerja, dalam level menengah ini sobat bisa memunculkan tokoh-tokoh yang sobat inginkan, bahkan Artis-artis dari luar negri yang sobat hanya bisa lihat dari Televisi-pun bisa sobat jadikan teman dalam mimpi sobat. sobat-pun bisa merasakan perasaan dan biasanya Lucid Dream tingkat menengah inilah bisa menjadi pengalaman yang menakutkan atau bahkan menyedihkan.

Seperti kejadian yang saya alami saat saya kelas 1 SMP. Ketika itu saya sedang berada disebuah mansion tua dan sedang bercakap-cakap dengan adik laki-laki saya, entah mengapa ditengah percakapan saya ingat bahwa adik laki-laki saya itu sudah meninggal. Dari situ saya sadar sedang bermimpi dan setelah selanjutnya sayalah yang mengatur jalan cerita mimpi tersebut dan segala kejadian di mimpi saya, saya sendirilah yang mengatur bagaimana saya ingin bertindak atau berbicara. 

Ketika didalam mimpi tersebut saya menyadari bahwa saya , saya langsung menangis dan memeluk adik laki-laki saya, saya masih ingat sekali ketika saya mengajak saudara saya untuk pergi kembali ke dunia nyata bersama saya, dia menolak dan hanya tersenyum. Dan ketika saya terbangun, keringat dingin mengucur dari tubuh saya dan mata saya basah, ternyata saya juga menangis dari dunia nyata. Walaupun memang hanya mimpi, tapi saya hadir disana, merangkul adik saya yang saya lihat kembali, dan rasanya sangat nyata.

Tingkat Ahli
Lucid Dream tingkat ini adalah Lucid Dream yang diilakukan oleh para Oneironaut. Apa itu Oneironaut? Mereka adalah sebutan untuk orang yang menguasai penuh alam mimpi mereka, dengan kata lain mereka dengan mudah dan secara sengaja masuk ke dalam Lucid Dream.

Di tingkat ini, logika, perasaan dan bahkan seluruh indra sobat bekerja didalam alam mimpi, sobat bisa merasakan rasa dari sebuah makanan, bisa mencium bau-bauan bahkan bisa merasakan sesuatu yang ekstrim, misalkan sobat ingin merasaka bagaimana kematian, terkubur didalam tanah atau mencari inspirasi. Karennyalah Lucid Dream ini banyak digunakan untuk para penulis yang sedang mencari bahan untuk menulis buku atau bahkan pelukis dan pembuat film.
Efek Negatif Lucid Dream
Sejauh yang saya lihat bahwa sebenarnya Lucid Dream tidak memberi dampak negatif tetapi jika terlalu sering mengalaminya kemungkinan besar sobat malahan akan kehilangan motivasi hidup, karena terbiasa dengan dunia mimpi yang serba mudah, juga Lucid Dream yang menakutkan atau mengerikan bisa membuat sobat menjadi paranoid dan stress. Oleh karena itu sobat perlu ingat bahwa semuanya itu hanyalah mimpi, tidak ada yang nyata.

Itulah sedikit pembahasan mengenai Apa Itu Lucid Dream? Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan pengetahuan untuk sobat, jika sobat mempunyai pengalaman juga dengan Lucid Dream silahkan sharing di sini, saya dengan senang hati mendengarkan. Di lain kesempatan bagi sobat yang ingin merasakan Lucid Dream saya juga akan memberi Tips dan Cara merasakannya. Karena itu jangan lupa untuk selalu ikuti terus blog saya!

Sekian artikel mengenai Pengetahuan dari saya.
Baca juga pengetahuan menarik  lainnya di Knowledge
Baca terus artikel yang menarik lainnya hanya di Far Is Note!

Komentarmu merupakan motivasi bagi saya!

Related Post:

12 komentar:

  1. kerne om..
    cara msuk lucid dream gmn tuh ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa caranya sob,,,
      akan saya posting artikelnya segera, sering-sering main ya... :)

      Hapus
  2. pernah ngerasain... walau tingkat dasar mungkin... saya ketemu temen sekolah saya yg emang lagi jauhin saya... pas di mimpi, malah akrab bgt... tapi itu cuman sekali sih :3

    BalasHapus
  3. pernah ngerasain tingkat dasar, dan menengah. Tpi yg janggal itu, misalkan di Lucid Dream tangan saya terbakar, dan ketika bangun Tangan saya jga serasa terbakar, tetapi tidak ada luka bakar di tangan saya. I tu kenapa ya???

    BalasHapus
  4. tubuh gue bergetar semua serasa ruh mau lepas. Karena saya takut gue maksain narik ruh kembali setelah bangun badan gue merinding semua.....
    Sedikit serem sih...

    BalasHapus
  5. Gw baru tau namanya Lucid dream. Gw sering ngalamin soalnya

    BalasHapus
  6. gan,,,ane udah di fase tengah,,,tips biar jadi ONEIRONOUT.GMN?

    BalasHapus
  7. gan,,,ane udah di level menengah,,,,cara biar jadi ONEIRONOUT gmna?

    BalasHapus
  8. Kalo tingkat menengah kayaknya pernah,saya ingat betul kalau saya itu bermimpi sedang melihat kematian dari Doraemon,itu membuatku sangat sedih dan menangis,dan pas aku terbangun refleks tubuhku sama seperti yang admin jelaskan,ini terjadi saat aku masih kelas 5 SD kalo GK salah,maklum masih suka doraemon

    BalasHapus