Ketika Rasa Malas Menyerang & Bagaimana Melawannya?

Sobat F-note! Kali ini saya akan membahas suatu masalah yang pasti sangat sering terjadi dalam keseharian kita, Rasa Malas. Satu kata yang sederhana tetapi mengakibatkan efek negatif yang luar biasa banyak untuk kita. Kata tersebutlah yang menjadi musuh utama semua manusia untuk sukses dan produktif. Contohnya saja dari diri saya sendiri, artikel ini seharusnya sudah saya tulis dari kemarin, dan Ting! Rasa malas menyerang dan datang begitu saja kepada saya, jadilah artikel ini tidak jadi muncul tepat pada waktunya. Selain itu, sebagai tambahan juga, sebenarnya banyak sekali artikel yang numpuk di folder saya untuk ditulis, seperti yang bisa sobat lihat di Coming Post mengenai Boyband, tetapi karena si Malas ini tidak pernah absen untuk berkunjung ke fikiran saya, maka menumpuklah pekerjaan yang seharusnya bisa saya selesaikan cepat, jika saya tidak sedang malas tentunya, Hehehehe..

Sebagai manusia normal. Rasa malas adalah sesuatu yang wajar akan menyerang sobat, tetapi, hal itu terjadi jika sobat dengan pasrah menyerah dan mengikuti rasa malas sobat tersebut. Perlu sobat tanamkan dari diri sobat sendiri agar terhindar dari sifat malas, sobat harus memotivasi diri sobat dalam melakukan suatu hal, selalu bayangkan reward dan hasil yang sobat akan dapatkan jika berhasil sukses mengerjakan perkerjaan itu. 

Misalkan sobat mempunyai PR yang banyak dari sekolah, pasti rasanya akan malas sekali untuk mengerjakannya bukan? Itu karena sobat sudah pesimis dan menyerah duluan saat melihat jumlah PR yang diberikan, oleh karena itu, maka fikiran sobat memberi sinyal menyerah dan tentunya sobat akan menjadi tidak acuh terhadap tugas yang diberikan. Apa akibatnya?  Tentu saja PR tersebut tidak akan terselesaikan dan sobat akan kebakaran jenggot saat PR tersebut dikumpulkan dan diperiksa.


Ingin terhindar dari rasa malas? Coba lakukan langkah yang sudah saya beritahu tadi. Motivasi diri sobat dan berikanlah “Self Reward” pada diri sobat sendiri. Contohnya seperti tadi, jika ada PR yang banyak, janganlah langsung pesimis duluan. Motivasi diri sendiri, katakanlah bahwa “Saya bisa, PR segitu mah gampang dan gak seberapa!” Dijamin pasti akan ada suatu yang bergejolak dari tubuh sobat yang menyokong saat sobat mengerjakan soal tersebut, bakar terus motivasi sobat agar terus menyala dan jangan lupa untuk terus membesarkan api motivasi sobat agar terus berkobar. Jangan lupa memberi diri sendiri reward-reward lain agar sobat terus berusaha untuk menuntaskan tugas tersebut. Bayangkan jika sobat berhasil menyelesaikan semua PR sobat, semua guru pasti akan memuji sobat dan setiap teman-teman sobat akan terkagum-kagum pada sobat, teruslah bayangkan angan-angan yang indah itu agar api motivasi sobat tetap menyala, sehingga rasa malas bisa pergi menjauh.

Hanya saja dalam prakteknya, mengusir rasa malas memang tidaklah mudah. Faktor-faktor lain yang dapat memperbesar rasa malas sobat juga sangatlah banyak, salah satunya adalah Lelah dan Ngantuk. Kedua faktor tersebut yang paling sering dialami, khususnya buat saya sendiri.

Saya yang statusnya masih sebagai pelajar, so pasti setiap hari harus berangkat ke sekolah dari pagi hingga sore. Di sekolah sebenarnya banyak ide-ide untuk sebuah artikel yang saya rasa akan menarik untuk ditulis di Blog saya ini, hanya saja setelah saya pulang dari sekolah, badan dan fikiran saya sudah capai dan penat untuk membuka laptop dan mulai menulis, jadilah rasa malas itu seketika datang menyerang saya, dan biasanya saya menyerah dan langsung pergi tidur hingga ide-ide tersebut gagal saya tuangkan.

Oleh karena itu saya harus me-manage waktu agar dapat istirahat dengan cukup dan bisa kembali menulis lagi. Maka dari itu, saya mengajak  sobat yang suka bermalas-malasan dan tidak semangat untuk segera mengubah kebiasaan itu dan cobalah gunakan waktu muda sobat untuk lebih bersikap produktif.

Karena Malas adalah musuh terbesar Kesuksesan.
So, Apakah sobat mau berubah?

Sekian postingan mengenai Opini dari saya.
Baca juga Tips lainnya di Opini
Baca terus artikel yang menarik lainnya hanya di Far Is Note!

Komentar Sobat merupakan Motivasi!
Berkomentarlah dengan sepantasnya...

Related Post:

5 komentar:

  1. Sangat bermanfaat gan infonya!
    boleh juga nih..

    kunbal: http://lzmodern.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Terima kasih artikelnya cocok buat saya saat ini.

    BalasHapus
  3. F4ns Bett1ng
    B0l4, C4sin0, T4ngkaS, s4bun9 4yam dll.. dp50 wd50

    BalasHapus