Bahaya Tidur Pagi, Sore Dan Kebanyakan Tidur

Halo sobat! Kali ini kita akan membahas mengenai Bahayanya Tidur Pagi, Sore dan kebanyakan Tidur jika dijadikan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin dari sobat banyak yang tidak secara tidak tahu sering melakukanya, tanpa menyadari bahwa hal yang remeh tersebut ternyata dapat memberikan dampak negatif kepada sobat sendiri, so mengapa bisa begitu itu? Mari kita simak apa saja Bahaya-nya!

Filosofi Tidur
Tidur memang merupaka aktivitas yang paling menyenangkan, karena dengan tidur artinya sobat memberikan tubuh sobat banyak waktu untuk meregenerasi sel-sel tubuh sobat, maka dari itulah banyak orang bilang, tidur memanglah obat yang paling baik. Tetapi, apakah sobat pernah tahu bahwa ternyata banyak juga efek negatif jika sobat kebanyakan tidur, atau tidur pada sore hari dan pagi hari.

Beradasarkan berbagai macam penelitian, ternyata tidur saat sore dan pagi sangatlah tidak dianjurkan, mengapa? Karena sebenarnya dalam kesehariannya, tubuh kita mengalami banyak perubahan suhu, perubahan Suhu inilah yang mengatur bagaimana mood dan energi kita. Jika suhu tubuh sedang tinggi, maka saat itullah sobat seharusnya pakai untuk berkatifitas dan melakukan kegiatan, sebaliknya jika suhu tubuh sedang turun, maka itulah waktu terbaik untuk tidur.

Nah, sebenarnya kapan waktu suhu tubuh naik dan kapan waktu suhu tubuh turun? Awalnya dari Pagi Hingga Tengah Siang, suhu tubuh sobat akan naik dengan optimal, karena itulah saat-saat ini merupakan saat yang paling baik untuk beraktifitas. Tetapi setelah tengah siang hingga awal sore, suhu tubuh sobat akan sedikit turun, itulah mengapa diwaktu ini sobat akan sedikit mengantuk dan lemas saat menjalankan aktivitas. Selanjutnya dari sore hingga awal malam ( Sekitar jam 8 ) Suhu tubuh sobat naik kembali yang berarti ini waktu yang tepat untuk beraktifitas, dan terakhir dari awal malam hingga Pagi Buta, suhu tubuh akan turun sangat cepat, itulah mengapa kita merasa sangat ngantuk dan ingin segera beristirahat.

Bahaya Tidur Pagi & Sore
Jika demikian, lalu apa bahayanya tidur pagi dan sore? Jelas bahaya sekali, jika sobat tidur pada saat tersebut artinya sobat melawan arus suhu tubuh sobat tersebut, dampaknya adalah jika suhu tubuh sedang tinggi dan sobat istirahatkan, maka otak akan dipaksa istirahat bukan pada waktunya, dan saat sobat bangun dari tidur sobat, bukannya merasa bugar dan segar malah sebaliknya sobat akan merasaa semakin lemas, pusing dan linglung, Benar tidak? Selain itu, menurut penelitian medis yang melibatkan 20.000 tes subjek menunjukan bahwa, tidur sore juga dapat meningkatkan resiko diabetes hingga 36%. Alasannya adalah tidur sore dapat memicu perubahan negatif hormon karena saat Proses bangun tidur di sore hari membebankan sress pada sebagian tubuh. Juga ada mitos bahwa tidur pada sore hari biasanya akan mendapat mimpi buruk atau aneh.

Dan terakhir ada beberapa efek negatif jika terlalu banyak tidur. Jika sobat masih berfikir bahwa banyak tidur itu nikmat, berati sobat harus mulai membuang jauh-jauh pemikiran tersebut. Justru sebaliknya efek negatif terlalu banyak tidur banyak sekali. Selain dapat membuang waktu produktif, kebanyakan tidur akan membuat sobat gendut karena kurang bergerak, selain itu juga dapat menimbulkan kemalasan dan membuat sobat semakin pusing dan lemas.

Itulah mengapa tidur diwaktu pagi dan sore hari serta terlalu banyak tidur dapat memberikan efek negatif pada tubuh. Sebenarnya memang terkadang kita tidak bisa menahan rasa untuk tidur pada saat tertentu, misalkan seperti yang saya sendiri alami. Saya sekolah dari jam tujuh pagi sampai jam empat sore, sepulang sekolah pasti badan dan otak saya penat dan ingin tidur oleh karena itu terkadang saya menyerah untuk melawan rasa kantuk saya dan tertidur. 

Jika sobat memang benar-benar butuh tidur disaat tersebut, silahkan tidur, karena itu berarti tubuh sobat sudah memberi sinyal. Tetapi poin utamanya adalah tidur diwaktu pagi atau sore tersebut jangan dijadikan kebiasaan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat. Sampai jumpa di artikel selanjuntya!

Sekian artikel mengenai Pengetahuan dari saya.
Baca juga pengetahuan menarik  lainnya di Knowledge
Baca terus artikel yang menarik lainnya hanya di Far Is Note!

Komentarmu merupakan motivasi bagi saya!

Related Post:

7 komentar:

  1. Selama ini saya belum tahu tentang bahaya ini Thanks gan sangat bermanfaat
    kunbal yuk, Bahaya Tidur Pagi

    BalasHapus
  2. Bagus skali . Tp akan lbih bagus jika dikasih jam berapa berapanya. Dan betapa lamanya spt kebnyakan tidur itu btp jam tepatnya krn banyak itu kanrrelatif. Thanks a lot

    BalasHapus
  3. Dan akan lebih baik lagi (menunjukkan orang dermawan ilmu) jika halaman ini bisa dicopy paste untuk dokumen dan share bagi yang tak bisa internetan.

    BalasHapus
  4. saya bekerja ada shif mlam , yaitu dri jam 23.00 sampai 07.00 ,, jadi saya tidur pagi ,, itu bagaimana ?? berbahaya gk ?? soalnya saya pulang kerjanya itu sdah ngantuk banget ,, gak kuat saya nggu hari siang dlu baru tidur ,,,
    saya terpaksa tidur pagi krna capek dan mengantuk,, jd bgaimna itu berbahaya gk ???

    BalasHapus
  5. Trimaksih gan. Artikel yang bermanfaat. Tapi akan jauh lebih baik kalau agan menambahkan dari mana asal penelitian itu. Dan, sumber-sumber yang mengatakan tentang dampak tidur pagi, sore, dan terlalu lama itu. Kalau hanya sebatas penjelasan tanpa ada sumber, tulisan agan gak akan kuat. Orang akan menganggapnya informasi yang tidak valid. Tapi, berhubung saya sudah cukup tahu dampak tidur pagi, sore, dan terlalu lama, maka saya bisa menerima informasi ini. Lantas, bagaimana pembaca yang baru menemui fakta tersebut. Dia berpotensi meragukan informasi artikel ini.
    Sekali lagi trimakasih gan. Kebetulan saya juga penulis. Dan saya bekerja sebagai jurnalis di koran Kaltim Post (Jawa Pos Group). Jadi ini sebagai sharing kita,dan saya membagi pengetahuan yang saya miliki. Keep writing gan !

    BalasHapus
  6. Thanks for info jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2oY9QVY

    BalasHapus